Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Pola Hidup Sehat Masa Pandemi Yang Harus Anda Lakukan

Pola hidup sehat

Sebenarnya, tidak hanya sekarang saja anda harus menerapkan pola hidup sehat ini. Hanya saja, di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, tentu anda harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh. Bukankah pepatah mengatakan "mencegah lebih baik dari pada mengobati?". Dan, ternyata pernyataan tersebut benar adanya. Dengan meningkatnya angka kasus akibat virus ini, belum lagi korban meninggal yang kian berjatuhan. Pihak rumah sakit sendiri sudah sangat kewalahan untuk mengatasi pasien yang selalu datang tersebut. Untuk itu, anda diharapkan lebih mawas diri dan pandai menjaga kesehatan tubuh. Caranya sangat gampang, ikuti saja pola hidup sehat yang akan dijabarkan di bawah ini.

Istirahat Yang Cukup

Jika anda kelelahan dan tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat, maka imunitas akan menurun. Apa yang akan terjadi jika imunitas menurun? Tentu saja anda akan lebih terserang banyak penyakit. Termasuk juga dengan serangan virus ini. Padahal, imunitas yang baik sangat kita butuhkan saat ini. Lantas, bagaimana aturan istirahat yang cukup ini? Pastikan anda mendapatkan tidur di malam hari minimal 5 hingga 7 jam setiap harinya. Namun, bagaimana jika anda harus bekerja saat malam hari? Sebenarnya, bekerja saat malam hari bukanlah pilihan yang baik. Sebab, terlalu sering begadang akan memicu banyak penyakit. Namun, sebagian besar karyawan tidak bisa menolak kebijakan jam kerja ini. Dan, jika anda salah satunya, maka anda juga harus tetap beristirahat di siang harinya. Walaupun tidak akan seefektif saat istirahat tidur di malam hari memang. Tapi, setidaknya biarkan tubuh anda untuk beristirahat. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan sehat dan multivitamin yang akan dibahas di poin selanjutnya.

Makanan Ala Gaya Hidup Sehat

Semua makanan memang baik untuk mengatasi rasa lapar. Namun, tidak semua jenis makanan baik untuk kesehatan tubuh. Setidaknya cukupi kebutuhan mikro dan makro zat gizi tubuh. Caranya adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan seperti:Sayuran Hijau : Ada banyak jenis sayuran selain sayuran hijau. Hanya saja, pilihan yang ini lebih baik sebab memiliki kandungan gizi yang komplit seperti vitamin C, A, K, kalium, zat besi, kalsium hingga asam folat. 

  1. Buah-Buahan : Selain sayuran, anda juga harus mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Sebab, buah juga merupakan penyedia zat gizi terbaik. Tapi, usahakan mengkonsumsi buah sebelum makan bukan setelah makan.
  2. Kacang-Kacangan : Siapa di sini yang tidak suka kacang-kacangan? Padahal, ada banyak jenis kacang yang nikmat untuk dikonsumsi. Bahkan, kacang-kacangan juga memiliki kandungan vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh.
  3. Telur dan Daging : Dua jenis bahan makanan ini akan memberikan protein baik bagi tubuh. Khusus untuk daging, carilah yang minim lemak.
  4. Ikan : Sumber protein hewani lainnya selain telur dan daging adalah ikan. Carilah ikan segar agar kesehatan anda terjaga dengan baik.
  5. Susu dan Olahannya : Tidak hanya nikmat namun sehat. Mungkin, inilah kesan pertama ketika mengkonsumsi susu. Susu bagus untuk asupan kalium dan kalsium bagi tubuh. Bahkan banyak olahan susu yang baik bagi pencernaan anda.

Selain mengenal apa saja jenis makanan yang seharusnya anda konsumsi. Anda juga perlu tahu jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama masa pandemi seperti:

  1. Makanan Mentah : Sangat tidak disarankan memakan makanan mentah saat pandemi ini. 
  2. Makanan Cepat Saji : Siapa yang tidak suka makanan cepat saji, ini? Sayangnya, jenis makanan ini tidak baik bagi tubuh. Bahkan, anda beresiko terserang kanker jika terlalu sering mengkonsumsinya.
  3. Makanan Kemasan : Ini adalah jenis makanan yang nikmat untuk dijadikan cemilan. Namun, saat pandemi kita membutuhkan makanan yang bergizi tidak hanya yang berlabel "enak" saja.
  4. Minuman Tinggi Gula : Minuman kemasan atau minuman ras-rasa. Seperti jus yang terlalu manis, teh yang terlalu manis seharusnya dihindari saat ini.

Tetap Aktif

Jangan bermalas-malasan hanya karena adanya himbauan untuk menjaga jarak dan dirumah saja oleh pemerintah, ya! Sebab, social distancing dan stay at home bukan berarti kode agar anda bermalas-malasan dan tidak beraktivitas. Justru, jika anda bermalas-malasan anda akan mudah terserang penyakit. Untuk itu, cobalah untuk selalu aktif. Misalnya dengan tetap rutin mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, memasak, mencuci dan berolahraga secara teratur. Cobalah membiasakan untuk berolahraga minimal 2 kali seminggu agar tubuh anda lebih sehat dan bugar.

Hindari Stress

Tahukah anda? Stress sangat berpengaruh terhadap imunitas tubuh. Sayangnya, di saat pandemi sekarang ini, seseorang akan jauh lebih mudah menderita atau mengalami stres. Sebab, ketakutan akan banyak hal menghantui di setiap harinya. Jadi, salah satu pola hidup sehat yang benar-benar harus diperhatikan adalah stres. Usahakan anda tetap memiliki pikiran positif. Jangan terlalu larut dengan pikiran negatif seperti apakah anda akan tertular? Apakah pekerjaan anda akan aman selama pandemi? Jika tertular, bisakah anda kembali sehat? Anda harus tahu kekuatan pikiran sangat powerful. Jadi, cobalah memikirkan hal yang baik-baik saja. Habiskan waktu ini bersama keluarga. Pandemi ini biasanya akan mengembalikan quality time bersama keluarga yang mungkin sempat hilang karena kesibukan masing-masing.

Menjaga Kebersihan

Di dalam protokol kesehatan kita juga akan menemukan masalah kebersihan ini. Agar terhindar dari virus berbahaya maka anda harus lebih jeli menjaga kebersihan seperti:

  1. Mengganti pakaian dan mencucinya ketika pulang dari kerumunan banyak orang.
  2. Selalu mencuci tangan hingga bersih.
  3. Gunakan hand sanitizer.
  4. Bersihkan selalu rumah secara teratur.
  5. Pastikan makanan yang anda makan diolah dengan bersih dan matang.

Nah, demikianlah pola hidup sehat selama masa pandemi Covid-19 ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan jika merasa ada gejala mencurigakan, segera periksakan diri anda, ya!

Posting Komentar untuk "Ini Dia Pola Hidup Sehat Masa Pandemi Yang Harus Anda Lakukan"